7 Januari 2022

LinuxMint sering nge-Hang akhirnya beralih ke distro Lubuntu

Pengalaman menggunakan linux mint yang nge-hang akhirnya beralih ke Lubuntu

Dari linuxmint ke Lubuntu

Sebenarnya hanya cerita saja, namun bisa juga menjadi rekomendasi bagi teman-teman yang baru ingin menggunakan sistem operasi Linux. Jadi awalnya saya pengen banget menggunakan linux, namun banyak hal yang harus dipertimbangkan, akhir tahun 2021 saya sudah mulai install linux yaitu distro linuxmint, saya menggunakan versi paling renbdah Xfce Edition, namun entah kenapa distro linuxmint ini tidak begitu bersahaabat dengan spesifikasi laptop saya yang hanya menggunakan Ram 2GB dan Processor celeron 1.8 Ghz, sering sekali mengalami hang terutama ketika banyak membuka tab pada browser.

Upaya agar linux mint tidak hang

  1. Update dan upgrade melalui terminal
  2. Install Driver NVIDIA
  3. Upgrade kernel dari 5.4.0 menjadi 5.8.0

Upaya diatas telah dilakukan tapi tetap saja linuxmint saya nge-hang terutama banyak aplikasi yang dibuka. Asumsi saya adalah memang Ram 2gb-lah ulahnya.

Beralih ke Lubuntu


Akhirnya setelah mencari beberapa informasi diinternet saya putuskan untuk install Distro Lubuntu. dan alhamdulillah dengan distro ini laptop saya lebih ringan dan tidak terjadi hang lagi. Semoga bermanfaat

Video celoteh mengenai Linuxmint dan Lubuntu




Tidak ada komentar:
Posting Komentar

Jika ada artikel yang tidak Anda mengerti, maka gunakan fasilitas kotak komentar ini atau pada halaman kontak untuk menanyakannya.

Best Regard


Decky canser