December 20, 2012

HDD Laptop Pada PC

Buat yang ada HDD laptop tapi gak kepakai, atau laptopnya sudah rusak berat tapi PC nya masih waras.. hahaha pas banget, saya sudah nyobain pake HDD laptop sebagai master di PC.
Memasang harddisk laptop ke CPU komputer
Caranya gampang tinggal dibuka aja HDD laptopnya (tapi gak tau semua HDD bisa/nggak) yang jelas HDD pada laptop acer saya bisa. sudah beres di buka... beli kabel ide sata & kabel power sata, pasang kabel ide sata ke slot sata yang ada pada motherboard yang mengarah ke HDD trus kabel power nya disambungkan dari powersupply yang mengarah ke HDD. Jika semuanya sudah di pasang maka anda sudah berhasil menguunakan HDD laptop pada PC. Semoga bermanfaat.
Lanjut »
December 12, 2012

Layar Monitor Hitam Polos

Lagi asyik dengerin musik dari komputer tiba-tiba komputer mati sendiri, setelah saya nyalain lagi monitor hanya tampil dengan warna pekat (hitam), anehnya CPU & lampu monitor nyala, tapi gak ada tulisan seperti insert boot cd room, bad cmos, press F1 to resume (kalo gak salah), yang tampil hanya layar hitam tanpa tulisan apapun, saya kebingungan tuh akhirnya saya diemin aja selama kurang/lebih 2 bulan setelah saya coba hidupkan kembali eh... ternyata CPU gak mau hidup, akhirnya saya tanya sama temen saya namanya panji, saya bawa CPU kerumah temennya trus dia cek semua perangkat, dia bilang positif powersupply yang rusak.

Saya ganti power yang baru CPU pun nyala tapi monitor masih gagah dengan warnanya yang hitam, dia langsung ambil penghapus trus di copot ram dari motherboard, dia bersihkan kaki-kaki ram dengan penghapus, akhirnya komputer nyala sempurna. makasih panji.

Kesimpulan dari penyebab layar pada monitor hitam polos


  1. RAM pada motherboard kotor. Anda harus membersihkan RAM dengan kain halus atau penghapus.
  2. Power Supply rusak. Tes Power supply di CPU yang berbeda, jika tidak hidup, maka power supply Anda telah rusak.
  3. Processor anda panas. Pastikan kipas pada processor dibersihkan minimal satu bulan sekali, agar suhu pada processor tetap terjaga. Anda juga bisa membeli pasta processor (dijual di toko komputer), lalu oleskan pasta processor  pada bawah kipas dan atas processor untuk menjaga panas dari processor.

Untuk mengoleskan pasta processor, Anda harus membuka kipas processor yang tertempel di motherboard. Semoga bermanfaat.
Lanjut »
December 1, 2012

Akhirnya Domain Juga

Setelah cukup lama blogging dan berkecimpung di dunia internet, yahh... walaupun belum begitu banyak artikel yang saya posting, tapi keinginan untuk membeli domain berbayar sudah saya rasakan cukup lama. Banyak hal-hal kecil yang membuat saya masih bertahan dengan dotblogspot dari masalah keraguan, takut mencoba, belum punya tabungan di bank (hahaha), sampai-sampai takut ditipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Akhirnya setelah sejuta khayalan tanpa action menyelimuti pikiran saya barulah saya memberanikan diri untuk membeli domain impian saya. Nama deckyz sudah saya tentukan beberapa tahun lalu, parahnya saya baru melakukan order kemarin siang. Tapi sumpah rasanya puas walaupun sedikit rumit bagi saya untuk melakukan setting yang berkaitan dengan dns, record dsb. Banyak sekali terjadi kesalahan-kesalahan dalam hal ini. Untungnya tidak sedikit tutorial dan referensi yang saya dapatkan dari searchengine, senyumpun terpancar dari muka saya. Setelah sukses melakukan semua perkara yang ringan-ringan menggila akhirnya deckyzdotcom berhasil menjadi domain berbayar pertama saya. semoga terinspirasi... ENJOY
Lanjut »
October 4, 2012

it's sad, but unemployment must be stopped

Status itu datang lagi, tapi baru kali ini saya merasakan ketenangan yang luar biasa di posisi yang sama, entah apa alasan perusahaan tidak memperpanjang kontrak kerja, tapi saya yakin ini terbaik. Bahkan akan menjadi lebih baik untuk yang akan datang, setelah surat pemberitahuan itu keluar saya merasa tuhan menjadi sutradara terbaik dalam skenario perjalanan hidup saya. move on dan terus imbangi terjangan ombak, sekeras apapun ombak menerjang, perahuku selalu siap berlayar.
Lanjut »
February 5, 2012

Nyaris Bosan Dengan Blogging

Hampir 3 tahun menggeluti dunia blog, ternyata rasa bosan mulai datang, diawali dengan kebingungan tema apa yang harus ditulis, kehabisan ide, kurang kreatif kali ya....! tapi yang jelas kesibukan kuliah dan penatnya aktifitas mencari kerja adalah sesuatu yang cukup kuat untuk dijadikan alasan. blogging bukanlah hal yang sulit tetapi juga bukan hal yang sangat mudah, betul kata blogger-blogger sebelumnya, hal yang paling sulit didunia blogging adalah menjaga konsistensi dalam hal menulis, melawan kebosanan ketika setiap hari harus berhadapan dengan layar komputer, laptop, perangkat mobile dan terus menulis dengan ide-ide kreatif, keyword yang lagi hangat dicari pada search engine dan disiplin dengan waktu, membuat jadwal khusus untuk menulis dan selalu berfikir positif agar ide-ide kreatif selalu hadir untuk dipublikasikan kepada pembaca... Tetap ngeblog walau udah mentok.
Lanjut »
January 24, 2012

Indahnya Mahasiswa

Setelah hampir 1 tahun lulus dari kuliah akhirnya datang juga perasaan - perasaan aneh yang menyerang otak kiri (hahahahaha). keinginan bertemu dengan anak - anak kuliah yang mayoritas sudah sibuk dengan pekerjaan mereka masing - masing. kangen belajar bareng, ngumpul bareng temen ditemani secangkir kopi hingga pagi menyelimuti hari, pergi kuliah dalam keadaan mata merah, aroma badan yang penuh selera sampai akhirnya mendapat gelar mahasiswa paling lama. walau begitu...! bangku kuliah dan status mahasiswa adalah masa - masa bahagia dari ratusan proses remaja dalam hidup saya. Hidup Mahasiswa.
Lanjut »