24 Juli 2014

Cara mengirim email gmail dengan format HTML

Tidak salah jika pesan pada email telah mendukung beberapa format yang berbasis web seperti menyisipkan link, bullet/daftar, emoticon dan beberapa kelebihannya.
Namun, tetap saja opsi yang ada tidak begitu lengkap dan tentu akan membatasi kreatifitas seseorang untuk menuangkan tampilan yang lebih menawan ketika mengirim email di gmail bentuk HTML, Dengan informasi ini; semoga kreatifitas Anda tidak terhalang untuk men-design tampilan email sesuai keinginan Anda.

Hasil
Mengirim email di gmail format HTML

Anda bisa membuat format desain email pada body lebih menarik dari hasil yang Saya buat, tinggal tergantung kemampuan dan imajinasi Anda
Langsung saja, pertama buka browser dan login ke akun Gmail seperti biasa.
Setelah selesai login, buka tab baru dan klik link dibawah :
docs.google.com/spreadsheet

Setelah terbuka klik Gmail dan pilih HTML Mail


Mengirim email dengan HTML

Lalu akan tampil form Otorisasi seperti dibawah, klik Oke

Mengirim pesan email dengan HTML


Akan tampil lagi form Copy of sendMail seperti dibawah (baca ketentuannya) lalu klik Terima jika mau.


Cara mengirim pesan email dengan HTML

Setelah selesai mengikuti petunjuk tersebut (gmail jangan di logout), buka tab baru dan ketik alamat ini ctrlq.org/html-mail/, Klik tombol Login using Google.

Cara mengirim pesan email format HTML

Nah disini Anda tinggal mengedit isi pesan. Untuk melihat kode HTML; silahkan klik tombol Switch to HTML View.

Cara edit pesan email bentuk HTML


Jika Anda benar-benar paham tentang HTML, Saya sarankan untuk mengedit secara manual dengan kode html, namun jika tidak begitu mengerti; boleh meng-edit dalam bentuk visual. Saya yakin Anda sudah cukup mengerti akan hal ini.

Saya coba sedikit menjelaskan cara untuk menyisipkan gambar. Klik logo image yang telah Saya lingkari yang akan menampilkan form seperti dibawah :

cara kirim email tampilan HTML

Pada bagian image URL Anda bisa mengisi link gambar yang telah Ada, Gambar yang telah di-hosting di blogger juga bisa digunakan, lalu isi image description dan ukuran sesuai keinginan lalu pilih insert. Hasilnya akan seperti dibawah :
cara mengirim email tampilan HTML

Jika Anda punya format HTML sendiri, maka tinggal copy format tersebut kedalam body (dalam kondisi format HTML) dan lihat hasilnya. Sedikit banyak; Saya yakin Anda telah memahami cara mengirim email bentuk HTML ini.

Cara untuk mengirim email dalam format HTML

Setelah Anda merasa cukup dalam proses editing; Anda harus mengirim email dari halaman tersebut (bukan pada halaman akun gmail, namun "akun gmail tetap pada status login"). Dibawah body tempat Anda meng-edit, isi email tujuan pada textbox enter resipient's email address... lalu isi subject pada textbox enter the subject lalu klik Send Mail seperti gambar dibawah. Semoga bermanfaat.

cara mengirim email gmail tampilan HTML

Mungkin Anda ingin membaca Trik Email dibawah :
  1. Cara membuka akun gmail secara offline (tanpa koneksi internet)
  2. Cara mempercepat loading akun gmail permanen
13 komentar :
  1. oh ada juga cara gini haha keren gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob, Saya juga baru tahu tentang pengiriman email ini. hehe

      Hapus
  2. nice tips mas,, tak cobain dulu yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mas, semoga email dengan bahasa html ini bisa membantu.

      Hapus
  3. mas maaf oot. template blog saya gmana cara agaar responsive?

    tutorial yang mas kasih pada template dua sidebar., saya pakai template bawaan blogger...
    mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tutorial sudah saya kumpulkan di link kategori responsive mas. intinya lihat HTML dan nama CSSm untuk 1 sidebar, tidak usah ditambah CSS left-nya.

      Hapus
  4. mas, misalnya ada orang yg ngisi formulir di web kita, terus hasilnya itu kekirim ke email kita gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf atas lambatnya respon, kalau mas faishal menggunakan akun blogger, Saya rekomendasikan baca artikel di sini http://buka-rahasia.blogspot.com/2014/01/cara-pasang-contact-form-blogger-di-halaman-statis.html

      Hapus
  5. keren kali infonya mantab gan saya tambah wawasanya nich buat Ngeblog

    BalasHapus
  6. bisa gak bang ngebuat butto yang bisa langsung mengirim data ke gmail?

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Hai Rinjani. Sorry sementara ini gak bisa lagi, malah jadi spam di email saya, nanti jika ada informasi baru saya update lagi

      Hapus

Jika ada artikel yang tidak Anda mengerti, maka gunakan fasilitas kotak komentar ini atau pada halaman kontak untuk menanyakannya.

Best Regard


Decky canser