18 Juni 2014

Benarkah TAG H1 hanya boleh ada satu di setiap halaman?

Bolehkah tag H1 lebih dari satu disetiap halaman


Hanya ingin mencurahkan pendapat, pandangan dan opini karena artikel kali ini bukan sebuah tutorial, bukan juga sebuah klarifikasi, tidak ada sebuah jawaban dari pertanyaan diatas, namun opini ini akan mewakili rasa kegundahan didalam dada "Hahaha". Kala itu bangganya bukan main ketika mengimplementasikan dynamic heading pada blog ini, karena setahu Saya sedikit yang menggunakan cara ini ("Setahu Saya"), Sampai akhirnya merasa bodoh banget ketika tahu kalau judul artikel mereka berubah menjadi H1 ketika halaman posting terbuka (Telat).

Sedikit menyesal mengenal SEO, kemarin tanpa SEO aman-aman saja, 20-30 pengunjung masih hadir setiap harinya. Tidak ada breadcrumbs, tidak ada Dynamic Heading, tidak begitu peduli yang namanya H1-H6, judul artikel pakai H3, tapi tidak buat pusing. Santai dan tidak ada yang dikejar.

Tanpa sengaja mulailah mengenal 3 huruf tersebut, namun semakin hari, sepertinya semakin membingungkan, terutama masalah TAG Heading dan saudara-saudaranya. Ada yang bilang H2 maksimal hanya boleh ada 8 disetiap halaman, Ada yang bilang H2 boleh lebih dari satu, tapi kebanyakan dari mereka bilang bahwa H1 hanya boleh ada satu. Benarkah? Tidak tahu.

Heading, Subheading, Minor Heading Pentingkah untuk SEO...?dulu biar santai. Jangan ditiru. mungkin Saya tidak melakukannya. Back to topic. Sebenarnya masalah ini sudah lama ingin Saya tulis, tapi belum cukup bukti dan referensi yang valid atau lebih tepatnya malu membahas hal-hal seperti ini, maklum, passion Saya tidak mengarah ke masalah tersebut, namun rasanya tidak puas jika belum diungkapkan uneg-uneg ini. Tampaknya Saya mulai sadar bahwa tidak semua Ilmu SEO diumbar begitu saja, pasti ada rahasia yang tidak mereka publikasikan secara gratis, tentu saja. Karena jika semuanya gratis, lalu siapa yang mau bekerja!

Saya melihat beberapa web besar di luar indonesia menggunakan 3 Tag H1 bahkan ada yang 10 dan ada yang lebih dari itu. Saya pikir itu trik gelap (sok tahu), namun sepertinya tidak. Pagi tadi ada postingan baru dari blog ternama indonesia yang menggunakan 4 Tag H1 (Kalau nggak salah hitung). Dari kejadian inilah Saya pribadi beranggapan bahwa H1 boleh lebih dari satu disetiap halaman. Mereka semua menggunakan platform wotples. Mungkinkah platform tersebut tidak masalah jika menggunakan banyak H1 dan pengguna platform blogspot akan terjadi masalah terutama dimata google...? Sepertinya tidak. Siang tadi juga Saya melihat sebuah blog dengan platform blogspot menggunakan 2 buah Tag H1 pada setiap halaman dan mempunyai pagerank 3.

Ada sebuah forum yang Saya kunjungi. Disana ada sebuah pernyataan bahwa dia bingung dan berpendapat "Menurut pendapat saya, H1 hanya boleh digunakan untuk subjek utama dari sebuah situs, dan beberapa H2 untuk frase sekunder dan seterusnya, mengapa ada web dengan belasan H1 di satu halaman"  lalu disambut oleh anggota lain dengan jawaban. "Anda dapat menggunakan H1 sebanyak yang Anda inginkan". Ada yang bilang H1 boleh lebih dari satu pada HTML4 dan HTML5 atau dengan Sectioning Elements (makhluk apa lagi ini), namun Saya tertawa ketika seseorang menjawab.

Hal terbaik yang harus dilakukan jika Anda ingin menutupi segala sesuatu, adalah dengan menempatkan tag H1 pada awal halaman dan H1 tag pada akhir halaman Anda. (Saya tidak serius.) Lakukan sesuatu yang spektakuler; Kemudian Anda akan menjadi pahlawan diri sendiri.

Paragraf diatas seperti sebuah jawaban dibalik pernyataan. Lalu, mungkinkan H1 boleh lebih dari satu disetiap halaman/page?Tidak tahu. Apakah karena Saya yang baru mengenal hal ini?Sudah pasti. Adakah yang mereka sembunyikan?Jangan suudzon. Seberapa pentingkah SEO? Mengapa ada seseorang menulis status pada akun pesbuk-nya "Saya melihat/mengintip ada blog dengan ribuan pengunjung per/hari tanpa optimasi SEO sedikitpun". Mengapa Isuwannee dan Skipjack's Nautical Living menjadi blog pilihan di ikhtisar akun blogger? SEO First atau Content First? (Sok pinter lagi). Entahlah, biarkan waktu yang menjawab semua ini.

Semua tulisan diatas hanyalah Opini, jika salah dan keliru menurut Anda, tolong dimaafkan. Semoga bermanfaat.
4 komentar :
  1. Oh jadi begitu ya gan, saya cari-cari jawaban di google tapi gak ketemu-ketemu eh akhirnya nemu disini, makasih ya gan

    BalasHapus
  2. Bener gan.. jika semuanya gratis, lalu siapa yang mau bekerja?
    Saya juga sependapat dengan sampeyan.. buktinya postingan ini setelah saya inspect element.. eh ternyata judul titelnya pake h2 (judul yg bawah)..
    Tapi saya masih nerapkan h1 tetep buat judul, dengan alasan urutan h1 harus lebih dulu, setelah itu baru h2.. biar gak kebalik maksudnya.. wkwkwkwk..
    itu opini saya juga lho..
    eh.. tombol subscribe nya mana ya gan?

    BalasHapus
  3. Sebenarnya sih gak papa h1 berapapun, masalahnya hanya klu dicek score seo di ahref akan berkurang.

    BalasHapus

Jika ada artikel yang tidak Anda mengerti, maka gunakan fasilitas kotak komentar ini atau pada halaman kontak untuk menanyakannya.

Best Regard


Decky canser