9 April 2014

Apa yang terjadi pada DNSPARK pada tanggal 8 april 2014?

8 april 2014 pagi membuat saya kebingungan. Blog saya tidak bisa dibuka dengan alasan "SERVER NOT FOUND". Begitulah tulisan yang tampil pada browser. saya cari-cari info tentang masalah tersebut sampai akhirnya saya cek website teman saya yang pernah saya setting dari subdomain blogspot menjadi domain berbayar. Ternyata website teman saya tidak bisa dibuka juga. Lalu saya browsing di google dan menemukan banyak website yang tidak bisa di buka juga hari itu...

Saya cari-cari  persamaan pada blog saya dengan beberapa blog yang menggunakan domain berbayar dan sama-sama tidak bisa dibuka hari itu. Ternyata persamaannya adalah sama-sama menggunakan nameserver dari dnspark. Walau dengan hosting berbeda, web/blog tidak bisa dibuka ketika menggunakan nameserver dari dnspark. lihat gambar dibawah.

Name server pada dnspark.


Name server pada dnspark.

Gambar pertama dari data blog saya. dengan Ip yang diawali 239, artinya hosting dari google, karena blogger punyanya google. Gambar kedua dari blog lain yang bukan dari blogger dan di hosting melalui hostgator, tapi kami sama-sama menggunakan jasa dnspark untuk setting nameserver-nya.

Inilah yang menjadi masalah. akhirnya saya ubah setting dns melalui penyedia domain saya sekitar jam 7 malam kemarin. Ternyata semakin parah. karena sekitar jam 10 malam ada komentar baru yang saya cek dari akun blogger. Pertanyaannya "kok bisa mereka berkomentar pada blog yang tidak bisa diakses". Masih dalam kebingungan akhirnya saya tinggalkan blog dan langsung pergi tidur.

Pagi ini 9 april 2014, sayapun merasa menyesal dengan perubahan yang saya lakukan, karena seluruh blog yang menggunakan nameserver dari dnspark bisa dibuka tanpa kendala sedikitpun, karena sudah terlanjur mengubah pengaturan dns yang ada, mau tidak mau harus menunggu 1 x 24 jam dari jam 7 malam kemarin. Setelah diam dalam penyesalan akhirnya saya ingat kalau menunggu 1 x 24 jam itu hanya waktu maksimal dari proses pengalihan, karena ketika saya setting dns pertama kali di tahun 2012, saya hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam, mungkin ini pengaruh server indonesia pada penyedia domain saya, atau mungkin google sudah membaca nameserver yang lama yang mungkin tidak bisa tergantikan lagi.

Akhirnya saya hapus setting-an dns pada penyedia domain dan membuat ulang setting-an tersebut melalui dnspark seperti biasanya. Hasilnya malah kurang dari 30 menit blog sudah bisa diakses. Jadi apa jawaban dari judul diatas?... Jawabannya adalah "kemungkinan dnspark sedang melakukan perbaikan server pada tanggal 8 april 2014" hehehehe. Semoga bermanfaat.
4 komentar :
  1. selamat yaa mas, bloggnya sudah bisa kembali di akses
    terima kasih juga buat informasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, semoga informasi ini bisa membuat kita lebih santai menghadapi masalah pada blog

      Hapus
  2. blog nya semoga makin sukses mas setelah kembalinya blog ini semoga silahturami saya sangat berguna mas, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. pasti berguna mas.. salam kenal kembali

      Hapus

Jika ada artikel yang tidak Anda mengerti, maka gunakan fasilitas kotak komentar ini atau pada halaman kontak untuk menanyakannya.

Best Regard


Decky canser