12 Desember 2012

Layar Monitor Hitam Polos

Lagi asyik dengerin musik dari komputer tiba-tiba komputer mati sendiri, setelah saya nyalain lagi monitor hanya tampil dengan warna pekat (hitam), anehnya CPU & lampu monitor nyala, tapi gak ada tulisan seperti insert boot cd room, bad cmos, press F1 to resume (kalo gak salah), yang tampil hanya layar hitam tanpa tulisan apapun, saya kebingungan tuh akhirnya saya diemin aja selama kurang/lebih 2 bulan setelah saya coba hidupkan kembali eh... ternyata CPU gak mau hidup, akhirnya saya tanya sama temen saya namanya panji, saya bawa CPU kerumah temennya trus dia cek semua perangkat, dia bilang positif powersupply yang rusak.

Saya ganti power yang baru CPU pun nyala tapi monitor masih gagah dengan warnanya yang hitam, dia langsung ambil penghapus trus di copot ram dari motherboard, dia bersihkan kaki-kaki ram dengan penghapus, akhirnya komputer nyala sempurna. makasih panji.

Kesimpulan dari penyebab layar pada monitor hitam polos


  1. RAM pada motherboard kotor. Anda harus membersihkan RAM dengan kain halus atau penghapus.
  2. Power Supply rusak. Tes Power supply di CPU yang berbeda, jika tidak hidup, maka power supply Anda telah rusak.
  3. Processor anda panas. Pastikan kipas pada processor dibersihkan minimal satu bulan sekali, agar suhu pada processor tetap terjaga. Anda juga bisa membeli pasta processor (dijual di toko komputer), lalu oleskan pasta processor  pada bawah kipas dan atas processor untuk menjaga panas dari processor.

Untuk mengoleskan pasta processor, Anda harus membuka kipas processor yang tertempel di motherboard. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar

Jika ada artikel yang tidak Anda mengerti, maka gunakan fasilitas kotak komentar ini atau pada halaman kontak untuk menanyakannya.

Best Regard


Decky canser